Jumat, 27 Mei 2016

Tugas Kriminalistik



ANALISIS KASUS BERDASARKAN KRIMINALISTIK


Oleh :
Nandika Agung Putra Batara

FAKULTAS HUKUM
MALANG
2015




KASUS PEMBUNUHAN SISCA YOFIE


    A.  Kronologi kasus :
Detik.com - Bandung (CiriCara.com)Sisca Yofie, Branch Manager dari PT Venera Multi Finance di Bandung dibunuh secara sadis oleh dua orang pria tak dikenal yang menaiki motor.
Wanita berumur 30 tahun tersebut tewas setelah dijambak dan diseret dengan motor berkecepatan tinggi. Selain itu, Sisca juga mengalami luka bacok di bagian kepala hingga tiga kali.
Sebelum meninggal, Sisca sekarat di Jalan Cipedes Tengah, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, hari Senin petang, 5 Agustus 2013.
Sisca meninggal dalam perjalanan menuju ke rumah sakit. Polisi masih terus menyelidiki kasus pembunuhan sadis yang menimpa wanita cantik tersebut.
Diberitakan oleh Detik.com, berikut adalah kronologi pembunuhan Sisca Yofie berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi di lokasi kejadian dan juga polisi yang menangani kasus ini.
Pukul 18.15 WIB, Sisca tidak di depan kosnya, Jalan Setra Indah Utara. Sebelumnya Sisca sudah kos di tempat tersebut selama 1,5 tahun terakhir.
Sisca memarkirkan mobil dinasnya di gerbang depan luar rumah lalu turun untuk membuka gembok gerbang. Belum diketahui secara pasti darimana Sisca pergi.
Sementara di sekitar kos Sisca, suasana terbilang sepi karena warga setempat sedang berbuka puasa. Saat itulah diduga pelaku datang menggunakan sepeda motor dan membawa paksa Sisca yang saat itu masih berada di depan luar gerbang.
Seorang saksi mata lainnya, Rudi (40) melihat mobil Sisca berada di depan luar gerbang dengan kondisi mesin dan lampu menyala sedangkan pintu mobil bagian kanan ikut terbuka. Rudi sempat mencari-cari keberadaan Sisca dan memasukkan mobil ke halaman rumah.
Kemudian pada pukul 18.30 WIB, seorang saksi mata lainnya, Reza (40) sempat melihat sepeda motor pelaku melintas kencang di Jalan Cipedes Tengah. Saat itu, ia sempat mendengar Sisca menjerit minta tolong.
Menurut Reza, dua orang pelaku tersebut menggunakan helm full face. Pembonceng lah pelaku utama yang menggusur dan menjambak rambut Sisca. Jarak antara lokasi jenazah Sisca dan kos sekitar 500 meter.
Lalu sejumlah warga menemukan Sisca dalam keadaan sekarat di tengah Jalan Cipedes Tengah. Ada tiga luka bacok di kepala Sisca. Ia lalu segera dibawa ke rumah sakit oleh mobil patroli polisi yang lewat di sekitar lokasi tersebut.
Kemudian pada pukul 18.45 WIB, Sisca meninggal dunia dalam perjalanan menuju ke rumah sakit. Jenazah Sisca dibawa ke kamar mayat Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.
Polisi lalu melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengetahui pelaku dan motif pembunuhan sadis tersebut.
Sabtu (10/8/2013) pagi, tersangka Ade mengaku telah melakukan pencurian yang menyebabkan kematian korban (Sisca Yofie) Ade menyerahkan diri ke Polsek Sukajadi didampingi kakek dan paman pelaku.
Minggu (11/8/2013) sekira pukul 11.00 WIB, berbekal keterangan Ade polisi berhasil melakukan penangkapan Wawan yang menjadi otak penjambretan terhadap korban. Wawan ditangkap di kawasan CIranjang, Kabupaten Cianjur saat berboncengan bersama istrinya menggunakan motor yang digunakan saat menjambret.
Selasa (13/8/2013), Polrestabes Bandung menggelar ekspose penjambretan dengan menghadirkan kedua tersangka, alat bukti kejahatan dan seluruh barang bukti yang ada.

B.      Analisa Kasus Berdasarkan Kriminalistik

·         Sistem penyidikan yang digunakan untuk mengungkap kasus diatas :
1.      Siapa ?
-          Korban : Sisca Yofie (Branch Manager dari PT Venera Multi Finance )
-          Pelaku : Wawan dan Ade       
-          Saksi    : Rudi, Reza dan warga sekitar

2.      Apa (Yang Terjadi) ?
-          Terjadi tindak pidana pembunuhan yang diikuti, disertai dan didahului dengan kekerasan yang menyebabkan meninggalnya Sisca Yofie, yang dilakukan oleh Ade dan Wawan.

3.      Dimana ?
-          Depan kos Sisca Yofie Jalan Setra Indah Utara - Jalan Cipedes Tengah, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

4.      Dengan Apa (Alatnya) ?
-          Dengan sebuah motor yang dikendarai pelaku dan golok yang dibawa pelaku

5.      Mengapa (Motifnya) ?
-          Pelaku utama yakni Wawan berencana melakukan pencurian ( penjambretan ) terhadap korban (Sisca Yofie) dengan mengajak bantuan Ade dalam melakukan aksinya.

6.      Bagaimana (Caranya) ?
-          Pelaku menunggu korban dengan meminum minuman keras disekitar lokasi kejadian, ketika korban keluar mobil untuk membuka pintu kosnya. Pelaku dengan motornya langsung menjambret tas korban, dengan  menjambak rambut korban dan membacok kepala korban hingga korban terseret ratusan meter dan kemudian korban ditemukan warga meninggal dengan kondisi mengenaskan.

7.      Bilamana (waktunya) ?
-          Senin petang, 5 Agustus 2013.
-          Sekitar pukul 18.15 WIB, Sisca Yofie tiba di depan kosnya.
-          Sekitar pukul 18.30 WIB, Warga sekitar mendengar suara korban meminta tolong.
-          Sekitar pukul 18.45 WIB, Sisca ditemukan sekarat dan meninggal ketika perjalanan menuju Rumah Sakit.

·         Penanganan Pertama di Tempat Kejadian Perkara
Setelah mendapat laporan dari warga setempat, polisi lalu melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengetahui pelaku dan motif pembunuhan sadis tersebut.
Dalam penanganan di TKP tersebut, tindakan penyidik adalah :
1.      Mengamankan TKP dengan tindakan-tindakan tegas.
-          Termasuk memasang police line disekitar korban ( Sisca Yofie ) ditemukan tewas.

2.      Membuat laporan ke Reskrim.
-          Karena kasus diatas merupakan kasus Tindak Pidana Pembunuhan.



3.      Menolong korban.
-          Dalam kasus ini, korban telah ditolong dan dibawa oleh warga sekitar menuju rumah sakit.

4.      Mencari pelaku.
-          Setelah polisi tiba dan menutup TKP, polisi mencari informasi dan keterangan kepada Warga sekitar dan saksi.

5.      Mencari barang bukti.
-          Polisi mencari petunjuk disekitar TKP dengan cara mencari jejak-jejak pelaku dan korban yang tertinggal di TKP, seperti : bekas roda sepeda motor pelaku dan hp korban yang terjatuh di TKP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar